Editor Text Terbaik untuk Programming

Tuesday, July 14, 2015

Baca Juga

opoSIP – Bahasa Pemrograman merupakan bahasa tingkat tinggi yang tidak semua orang bisa memahaminya. Bahkan Bahasa Pemrograman saya rasa merupakan bahasa baru yang datang di masa modern dimana belum ada satu orangpun yang benar-benar mampu menguasainya secara overl all. Pasalnya, bahasa pemrograman saat ini sangatlah banyak mulai dari Java, C++, C#, Ruby, Perl, Python, PHP, HTML, CSS, Javacript,Visual Basic, Pascal dll. Untuk menguasain satu bahasa saya kita belum tentu mampu, apalagi dengan semua bahasa di atas, bisa dibayangkan betapa susahnya. Apalagi dilihat dari syntax-sytax masing-masing bahasa pemrograman yang memiliki syntax yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula.

Bahasa Pemrograman digunakan untuk menulis bait-bait kode yang menyusun agar sebuah aplikasi berjalan sesuai platform yang ditargetkan. Misalnya saja untuk membuat aplikasi Desktop untuk desktop, minimal anda harus bisa menguasai Java, Visual Basic, C++, C# atau Pascal terlebih dahulu, dan untuk Website mungkin HTML, Ruby, PHP, CSS dan Javascript. Tentu saja mereka mempunyai tingkat kesulitan yang diatas rata-rata jika dalam orang berbahasa. Maka dibutuhkanlah sebuah editor teks yang mampu membantu para programmer tersebut dalam mengolah hasil codingannya.

Buat Apa Pakai Editor Text yang Baik?

Editor Text Terbaik


Perlu anda ketahui, editor teks sangat membantu jika anda seorang yang berkecimpung di dunia coding, pasalnya coding memliki kerumitan yang bisa membuat anda pusing.  Untuk itulah editor teks datang menjadi solusi bagi anda yang sudah pusing coding agar tidak terlalu pusing. Editor teks berfungsi memberikan pewarnaan bagi sebagian teks coding agar bisa lebih terlihat, daripada notepad biasa (bawaan windows) yang hanya menampilkan warna putih saja.
Untuk itu, kali ini saya akan berbagi kepada anda beberapa Editor Teks terbaik yang bisa anda gunakan untuk membantu keseharian anda coding.

1. Sublime Text

Sublime Text (Sublime Text 2 dan 3) mampu memberikan kesan yang sangat nyaman, pasalnya aplikasi ini sangat ringan untuk sebuah aplikasi yang menggunakan IDE (Rekomendasi syntax yang muncul). Dan juga Sublime Text support dengan banyak sekali Bahasa Pemrograman.

Dengan size-nya yang hanya beberapa Mb, saya rasa aplikasi ini patut menjadi primadona bagi anda.

2. Netbeans

Hampir sama dengan Sublime Text, namun saja Netbeans lebih berat dan size-nya juaga lebih besar daripada si Sublime Text. Tapi, Netbeans memberikan fitur yang lebih bagus juga, dimana dia bisa langsung meng-compile dan menjalankan aplikasi java.

3.Atom

Atom memiliki tampilan yang sangat keren menurut saya sendiri, meskipun agak berat tapi saya sangat nyaman menggunakannya karen design interface nya yang menawan.

4. Bracket

Ini sama seperti Atom, namun lebih berat karena menggunakan IDE

5. PHPStorm

Menurut informasi yang saya dapatkan di internet, editor ini menjadi Primadona bagi kalangan PHP Coders.

6. Notepad++

Kalau yang ini saya rasa kalian sudah pada mengenalnya, Notepad++ memiliki tampilan yang sederhana, tapi ringan. Cocok bagi anda yang menggunakan PC/Laptop dengan Low Quality.

7. Visual Studio

Ini merupakan Produk dari sang raja Software Microsoft. Dimana support dengan berbagai bahasa, khusunya bahasa Basic. Dan untuk tampilan juga sangat keren, apalagi yang versi 2012 atau 2013.

8. Dll.

Ada banyak sekali editor teks diluar sana yang mungkin masih dikembangkan atau bahkan belum terkenal, tapi Cuma editor diatas yang bisa saya kenalkan kepada anda. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf, dan apabila ada yang mau menambahkan saya sangat berterima kasih. Silahkan tinggalkan pesan anda di komentar dan saya akan menjawabnya.

Catatan

Mau sehebat apa editor text yang kita pakai, tapi kalau memang kita tidak memiliki basic di dunia programming ya sama saja NIHIL.

Share this :

0 Komentar

Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak, hargailah penulis.
Komentar yang mengandung SPAM tidak akan di tampilka penulis

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔